Kamis, 16 Maret 2017

HASIL FOTOCOPY KURANG HITAM / KABUR? BEGINI TIPSNYA

Hampir semua para pengusaha fotocopy pasti pernah mengalami hasil fotocopy kurang hitam, hasil fotocopy kurang tajam, atau hasil fotocopy kabur. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, bisa dari setingan mesin kurang pas, part sudah mulai lemah, cermin-cermin kotor, wire kotor, drum lembab atau toner dengan kualitas jelek juga bisa menjadi sebab.

Nah, disini akan berbagi pengalaman dengan mesin ir 5000 yang selama ini saya pakai bagaimana caranya mengatasi hasil fotocopy kurang hitam / tajam. Disini tidak menyeluruh, artinya hanya beberapa tips saja yang saya bagikan karena part di mesin saya alhamdulillah semua masih berjalan normal. Jadi saya hanya main di settingan mesin dan pembersihan unit-unit saja. Tips ini saya tujukan terutama bagi sobat yang masih pemula di bidang fotocopy untuk sedikit menambah pengetahuan.

Pertama saat hasil fotocopy kurang hitam mulailah dengan pembersihan. Mulai dari kaca scanner atas, bersihkan dengan kain halus atau tissu dan alkohol. Buka kaca scanner atas lalu bersihkan juga cermin di sekitar lampu scanner, disitu ada dua cermin, termasuk lampu scanner juga. Bersihkan hingga benar-benar bersih lalu pasang kembali kaca scannernya. Selanjutnya bersihkan wire / korona atas dan bawah. Kalau kawat korona sudah hitam ganti dengan yang baru. Bersihkan juga kaca di atas drum, lepas lalu lap dengan kain dan alkohol hingga bersih dan pasang kembali. Pembersihan awal sudah cukup, cobalah tes untuk fotocopy. Jika hasilnya bagus berarti mesin hanya kurang pembersihan rutin saja. Jika hasil masih buram lanjut ke langkah selanjutnya.


Jika dengan pembersihan di atas hasil fotocopy masih kurang hitam / buram langkah selanjutnya kuras developing. Buka developing lalu kuras tonernya hingga bersih, semprot dengan kompresor jika perlu hingga benar benar bersih. Jika ingin hasil yang lebih bagus pada magnet developing cuci dengan bensin lalu keringkan sebentar. Isi dengan toner yang baru, gunakan toner yang berkualitas. Karena toner yang kurang berkualitas juga sangat berpengaruh pada hasil  fotocopy. Hal ini sudah saya buktikan sendiri. Setelah selesai pasang kembali developing, tes hasilnya. Biasanya sampai disini permasalahan selesai, dengan catatan part elektronik mesin masih berfungsi normal semua. Jika ternyata masih buram  lanjut ke tahap berikutnya.

Jika dengan dua poin di atas ternyata hasil masih buram kita coba mengutak atik settingan program. Masuk ke service mode dengan menekan *28* pilih ADJUST pilih DEVELOP. Disitu ada 3 pilihan :

  • BIAS : Biarkan saja default tidak usah di rubah
  • HVT-DE : Rubah nilainya, semakin kecil semakin hitam, begitu sebaliknya
  • D-HV-DE : Rubah nilainya, semakin kecil semakin hitam, begitu sebaliknya. Namun besar nilainya jangan melebihi nilai HVT-DE
Cobalah utak-atik settingan di atas, sampai menemukan setting yang pas.

Dengan ketiga poin di atas mudah-mudahan hasil fotocopy akan normal. Jika ternyata hasil masih juga buram kemungkinan part elektroniknya bermasalah. Atau bisa juga drum lembab. Cobalah dulu poles  drum dengan compon. Jika elektroniknya kemungkinan HVT nya mulai lemah. Solusi ganti HVT baru.

Itu sedikit pengalaman dari saya selama ini dengan ir 5000. Mudah-mudahan bermanfaat untuk sobat pembaca. Selama ini mesin saya alhamdulillah tidak pernah mengalami masalah di bagian elektronik. Jadi cukup pembersihan saja hasil akan kembali cling.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar